Popular Post :
Home » » Pesantren Mahasiswa IAIN Sunan Ampel Surabaya

Pesantren Mahasiswa IAIN Sunan Ampel Surabaya

Kamis, 14 April 2011 | 1komentar

Pesantren Mahasiswa IAIN Sunan Ampel Surabaya


Beberapa Universitas Islam di Indonesia memfasilitasi para mahasiswa baru dengan gedung asrama atau pesantren mahasiswa. Salah satu diantaranya adalah pesantren mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel Surabaya. Bertempat di Jl. Jendral Ahmad Yani 117, kompleks kampus IAIN Sunan Ampel, yang disebut Rusunawa (Rumah susun sederhana dan mewah), depan gedung Jawa Pos.

Pesantren IAIN Sunan Ampel bertujuan untuk mendidik mahasiswa agar memiliki kemampuan bahasa Arab dan Inggris, menanamkan akidah, mengembangkan ilmu, amal dan akhlak yang mulia serta membina mahasiswa yang sudah atau sedang menghapal al-Qur’an. Tahun 2010, pesantren memiliki ratusan ribu mahasantri yang terdiri dari kurang lebih 300 mahasiswa dan 300 mahasiswi..

Mahasantri terdiri dari mahasiswa reguler dan khusus. Mahasiswa/i reguler direkrut dari setiap fakultas secara proporsional, sedang mahasiswa khusus adalah mereka yang sedang mengikuti program pembelajaran di jurusan Tafsir Hadits fakultas Ushuluddin, Ahwal al-Syakhsyiah fakultas Syari’ah, Sejarah dan Peradaban Islam fakultas Adab serta Pengembangan Masyarakat Islam fakultas Dakwah IAIN sunan Ampel Surabaya.

Rekruitmen mahasiswa baik reguler maupun khusus didasarkan pada salah satu kualifikasi berikut: 1) Hasil tes masuk (tes kemampuan Bahasa Arab dan Inggris), 2) Hafalan al-Quran (sudah pernah atau belum), 3) Hasil seleksi kelas unggulan. Mahasiswa yang diterima, memiliki hak tinggal di Pesantren Mahasiswa dan harus menyatakan kesediaan mengikuti peraturan dan kegiatan yang ditetapkan.

Tahun ini, mahasiswa baru yang mendaftar di pesantren sekitar 100 orang, selebihnya tinggal di kost-kost area sekitar kampus. Kelebihan pesantren ini tentu saja pada kualitas kegiatannya, terdapat jadwal khusus untuk pendalaman pelajaran Islam setiap harinya, berusaha aktif berkomunikasi dalam bahasa Arab dan Inggris, dan pembinaan takhfid (hafalan) serta tahsin (kualitas bacaan) al-Qur’an.

Di tengah degradasi moral yang terjadi di Negara Indonesia, semoga lulusan mahasantri pesantren IAIN Sunan Ampel Surabaya, mampu menjadi teladan atau contoh generasi penerus bangsa yang mempunyai budi pekerti tinggi, tidak berbuat korupsi dan mampu membangun, mengharumkan serta membanggakan masa depan Indonesia. Semoga.
Share this article :

1 komentar:

  1. ini web kita sebenarnya bagus, tapi kayaknya sekarang tidak pernah di update :-(

    BalasHapus

Sebelum anda berkomentar silahkan jelajahi dulu web kami dan baca artikelnya, setelah itu baru anda bebas berkomentar asalkan tidak berbau spam.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. JURUSAN PMI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger