Popular Post :
Home » » Website IAIN Masuk Peringkat Pertama Se-PTN

Website IAIN Masuk Peringkat Pertama Se-PTN

Kamis, 17 Februari 2011 | 0 komentar

IAIN SUNAN AMPEL

Lagi, website Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel (IAIN SA) Surabaya masuk jajaran universitas terbaik di dunia. Kampus yang terletak di Jl. A.Yani no.117 Surabaya ini menembus 4000 Top World Universities dari 12.000 perguruan tinggi di seluruh dunia. Peringkat ini dikeluarkan oleh Webometrics, Lembaga Perangking Website Universitas di dunia yang berpusat di Spanyol, pada 4 Februari 2011.

Ranking website IAINSA ini melonjak 100% dibanding tahun lalu. Pada periode Juli 2010 lalu website IAINSA menduduki peringkat ke-6.023, sedangkan pada Februari 2011 ini meningkat pada urutan 3.145 se-dunia. Sedangkan pada level perguruan tinggi se-Indonesia, website IAINSA meningkat dari ranking ke-48 , menjadi ranking ke-34.

Pada tahun 2011 ini, dari sekitar 4000 perguruan tinggi (PT) yang ada di Indonesia, hanya 38 PT  yang berhasil masuk 4000 universitas terbaik di dunia (top world universities) versi webometrics. Yang masuk 1000 top world universities adalah UGM, UI, ITB, Unair. Sedangkan yang masuk masuk peringkat 2000 top universitas di dunia diantaranya adalah ITS, UK Petra, UNM. Disusul oleh Unpad, UNS, UNDIP, UMM, Unibraw yang masuk 3000 besar. Sedangkan IAIN Sunan Ampel dan UK Parahiyangan masuk peringkat 4000 top world universities.

Yang membanggakan lagi, untuk level perguruan tinggi negeri Islam (PTAIN) di Indonesia, IAIN Sunan Ampel Surabaya masih ditetapkan webometrcis dalam peringkat pertama. Kemudian disusul oleh UIN Malang, UIN Suka Yogyakarta, UIN Jakarta, UIN Sultan Syarif Kasim, dan urutan terakhir adalah UIN Alauddin Makassar, "Ada enam PTAIN di Indonesia yang masuk peringkat webometrics pada tahun 2011 ini, dan alhamdulillah IAIN Sunan Ampel berada pada peringkat pertama. Tahun lalu  kita juga dapat ranking pertama dari empat PTAIN yang masuk webometrics," ujar Prof. Dr. Nur Syam, M.Si, Rektor IAINSA Surabaya.

Sekedar diketahui, perangkingan web ini didasarkan pada gabungan indikator yang memperhitungkan volume dan isi web, visibilitas dan dampak dari publikasi web sesuai dengan jumlah pranala luar yang diterima. Ringkasnya, ada 4 faktor penentu perangkingan itu, yakni Visibility (V), Size (S), Rice Files (R) dan Scholar (Sc). Visibility merupakan jumlah total tautan eksternal yang unik yang diterima dari situs lain (inlink) semisal dari Yahoo Search, Live Search dan Exalead. Untuk setiap mesin pencari, hasil-hasilnya dinormalisasi-logaritmik ke 1 untuk nilai tertinggi dan kemudian dikombinasikan untuk menghasilkan peringkat.

Sedangkan size (S) adalah jumlah halaman yang ditemukan dari empat mesin pencari: Google, Yahoo, Live Search dan Exalead. Untuk setiap mesin pencari, hasil pencarian dinormalisasi-logaritmik ke 1 untuk nilai tertinggi. Untuk setiap domain, hasil maksimum dan minimum tidak diikutsertakan (excluded) dan setiap institusi diberikan sebuah peringkat menurut jumlah yang dikombinasikan tersebut.

Sementara Rich Files adalah volume file yang ada di situs kampus, dimana format file yang dinilai layak masuk dalam penilaian (berdasarkan uji relevansi dengan aktivitas akademis dan publikasi) seperti Adobe Acrobat, Adobe PostScript, Microsoft Word dan Powerpoint. Data-data ini diambil menggunakan Google dan digabungkan hasilnya untuk setiap jenis berkas

Sedangkan Scholar adalah penilaian terhadap ketersediaan jumlah tulisan-tulisan ilmiah (scientific paper) dan kutipan-kutipan (citation) akademis  dalam website universitas terkait, yang diambil dari Google Scholar (luk).

Sumber : http://www.sunan-ampel.ac.id/
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sebelum anda berkomentar silahkan jelajahi dulu web kami dan baca artikelnya, setelah itu baru anda bebas berkomentar asalkan tidak berbau spam.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. JURUSAN PMI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger